Team Sinergi – Outbound Puncak Bogor Pakancilan

Team Sinergi – Outbound Puncak Bogor Pakancilan

Outbound Bogor Pakancilan  sangat memahami , membangun sebuah Team yang hebat bukanlah  sebuah perkara gampang speperti membalikan telapak tangan,  Team terdiri dari beragam orang  yang bukan saja berbeda sifat dasar, namun juga perbedaan kepentingan  kepentingan walaupun mereka semua bekerja dalam lingkup dan tempat yang sama,

Berdasarkan Pengalaman dalam kegiatan Outbound Training , seringkali ditemukan kenyataan bahwa seorang perfeksionis yang ambisius bisa jadi akan mengalami kebuntuan komunikasi dengan seorang yang berkarakter pragmatis, seorang lulusan S2 bisa jadi akan bertikai dengan atasannya sendiri yang ‘hanya’ lulusan S1, dlsb.

Perusahaan merupakan sebuah  komunitas manusia, maka untuk itu perlakuannya pun harus didasarkan pada aspek psikologis, bukan mekanis semata , artinya berbicara tentang hubungan suka-tidak suka, akrab-tidak akrab, terbuka-tertutup, dan lainnya. Karena itulah dibutuhkan sebuah kegiatan yang berorientasi pada pembentukan team  dalam perusahaan.

Kegiatan ini tidak harus dilakukan di dalam ruang-ruang kelas, tetapi malah  diselenggarakan di tempat yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Misalnya adalah alam terbuka juga pegunungan

suasana sejuk yang ditawarkan oleh ruang terbuka akan berpengaruh terhadap psikologis karyawan yang menjadi peserta Outbound Bogor. Tidak heran banyak pakar merekomendasikan alam sebagai solusi menetralisir jiwa.

Paradigma ‘KITA” bukan lagi saya kamu dan dia

Team Sinergis  adalah proses yang berkelanjutan yang membantu kelompok kerja berkembang menjadi sebuah unit. Para anggota tim tidak hanya mengemukakan harapan atau ide untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok, tapi memberikan kepercayaan dan dukungan satu sama lain dan menghormati satu sama lain atas perbedaan anggotanya yang akhirnya membuat kesulitan tidak menjadi terlalu berarti.

Team Sinergis biasanya akan  tercapai dengan diawali dengan  komitmen  dan menyetujui bahwa seluruh anggotanya tim adalah satu, dan bukan lagi berdiri aku kamu dan dia tetapi menjadi Kita atau mewakilkan atas si A, B, C atau D tapi menjadi tim yang satu, ketika saya, anda, dia dan mereka adalah “KITA” maka proses penyatuan team telah terlaksana, tidak berbicara atau bertindak atas nama saya atau atas nama anda tapi berbicara atau bertindak  atas nama “KITA”

Sinergi adalah cara ketiga , bukan cara saya bukan cara anda , tetapi cara ketiga yang lebih baik daripada apa yang kita bisa capai sendiri sendiri .Sinergi bersangkut paut dengan upaya untuk memecahkan masalah , meraih peluang dan menyelesaikan perbedaan , ini seperti kerjasama kreatif dimana 1+1 = 3, 5 ataupun 200 .

Sinergi merupakan kunci keberhasilan dari tim  , sebuah tim yang bersinergi adalah suatu tim yang saling melengkapi , dengan cara itu kita mengoptimalkan kekuatan , bekerja dengan kekuatan itu , dan membuat kelemahan yang ada dari masing masing orang menjadi tidak berarti .

 

MASALAH-MASALAH YANG SERING DIHADAPI DALAM MEMBANGUN TIM SINERGIS.

Menurut Pengalaman Outbound Bogor Pakancilan , Kemajuan penuh dan efektif melalui tahap pengembagan bisa menghasilkan sekelompok orang yang efektif, sadar diri, dan fleksibel yang saling mendukung dalam mewujudkan keberhasilan tugas.
Pencapaian yang  terhambat bisa menghasilkan masalah utama bahkan dalam tim yang sudah mapan. Tim bisa sangat menjadi terhambat dan mengabaikan eksistensi dan kebutuhan tim lain. Jika ini terjadi maka tim belum mencapai kedewasaan penuh karena salah satu kriteria prinsip untuk tim yang efektif adalah bahwa ini seharusnya mampu mengenali dan berkaitan erat dengan tim lainnya, khususnya tugas dan peran yang sesuai sehingga upaya yang hati-hati harus dibuat oleh tim untuk menempa dan mempertahankan kaitan tersebut sehingga mencapai kematangan penuh.
Bahaya lainnya adalah kepercayaan diri yang berlebihan dan perasaan nyaman dalam hubungan yang berkembang di dalam dan di tim. Apa yang telah digambarkan sebagai ‘berpikir kelompok’ (semua untuk satu dan satu untuk semua) bisa berkembang, berakibat dalam aspek ideal seperti itu karena individualitas dan kreativitas menurun. Para anggota tidak ingin mengganggu harmoni yang telah dikembangakan dan tingkat pengembangan tim ini bisa membutakan tim menuju efektivitas sepenuhnya.
Kajian ulang tim reguler dan sesi umpan balik, biasanya dengan fasilitator luar, bisa membantu menghindari situasi ini. Jika tidak, tim akan kembali ke tahap pengembangan tim sebelumnya.

 

Path of Harmony ; Angklung Inspiring

By Bung Joko angklung Nugroho

Kata-kata cukup bagus,

Tetapi musik lebih memiliki kekuatan

Ia tidak berbicara kepada pikiran kita seperti kata-kata

Ia berbicara langsung kepada hati dan semangat

Kepada inti dan dasar jiwa kita

(Charles Kingsley)

Angklung sebagai media pelatihan dan pengembangan SDM sering diberi judul Path Of Harmony, yaitu jalan/pematang menuju keselarasan.

Kegiatan  menggunakan suasana musikal dan idiom-idiom musik dengan 3 muatan utama yaitu :

  • Perubahan (Change or tobe changed ! Innovation)
  • Kerjasama (Sinergy, Team Work/Team Building : Be A Winning Team)
  • Kepemimpinan (Leadership- Effective Leadership).

Dalam setiap nada ada harapan

Dalam setiap kalimat musik ada kesehatan

Dalam setiap lagu ada kegembiraan

Musik memberikan solusi untuk setiap orang ….

(Cathy Kunkel)

KECERDASAN MUSIKAL DASAR

Dalam konsep Pengembangan motivational ini, aktivitas bermain musik sekali lagi ditekankan bukan pada keterampilan musikal namun pada proses musikalnya. Musik akan dipandang sebagai alat bukan tujuan. Dengan proses musikal (menyanyi, membaca not, memainkan alat musik), peserta mendapatkan insight (penggambaran kesadaran yang muncul dari diri sendiri) dengan penekanan terhadap proyeksi perasaan melalui pengalaman musik.

Dengan aktivitas sederhana, respon afeksi terhadap musik menjadi sumber usaha untuk membangkitkan, mengekspresikan, dan memahami perasaan dirinya. Menimbulkan emosi melalui musik berarti mengarah pada kesadaran diri secara penuh yang pada gilirannya akan memacu persepsi puncak seseorang.

Proses insight diharapkan berlangsung tidak hanya pada saat pelatihan namun juga terus bertumbuh seiring pengalaman yang dirasakan peserta di tempat dan waktu selanjutnya.

KEGIATAN POKOK

  1. Menyanyi bersama dalam bentuk ‘kompetisi’ yang diarahkan menjadi ‘sinergi’.
  2. Membaca ritmik
  3. Bermain Angklung

Aktivitas yang cenderung ‘bermain’ meniadakan kesan menceramahi apalagi menggurui. Pelatihan ini menjadi terasa sebuah ‘hiburan’ atau malah dianggap ‘pertunjukan’. Kesan ini tidak  mengurangi bobot pelatihan, justeru nilai lebih karena peserta ‘nyaman’ sementara pesan-pesan dan muatan materi tetap tersampaikan dengan efektif.

bermain…

tidak main-main ….

hasilnya bukan main…

Leadership Development Program

Outbound Bogor Pakancilan  melihat ada kesalah kaprahan seolaah olah  laedership Training ditujuakan hanya  untuk para manajer atau pemimpin pada sebuah Perusahaan , sebetulnya hanya sedikit orang yang memiliki kesempatan untuk menjadi manejer atau pemimpin perusahaan

Leadership Development Training

Leadership Development Training merupakan  sebuah metode  untuk menciptakan dan mengembangkan karyawan untuk memiliki visi dan misi jangka panjang terhadap dirinya, perusahaan atau organisasinya, serta masyarakatnya serta  memiliki pemahaman ttg apa yang musti dilakukan untuk merealisasikan visi dan mimpinya , mereka yang memiliki visi akan tahu apa yang akan ia perbuat untuk kemajuan perusahaan/organisasi tempat ia berkarya.

Kepemimpinan Sebagai sebuah Kualitas

Leadership adalah sebuah kualitas individu yang selalu harus ditumbuh kembangkan dalam rangka menuju tercapainya  tujuan, visi dan misi organisasi juga perusahaan , semua orang mempunyai banyak kesempatan belajar dan bertumbuh untuk mengembangkan kualitas kepemimpinan diri… semua orang mempunyai kapasitas untuk menjadi apapun yang diinginkan.

 

Terima kasih sudah membagikan informasi Outbound Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *